Program Kerja UAS Genap

BAB I PENDAHULUAN

 

  1. A.   Latar Belakang

Penilaian atas suatu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara terus menerus dan berjenjang, serta untuk mengetahui pencapaian target kurikulum dan daya serap siswa dalam setiap mata pelajaran yang diberikan.

Sebagai strategi upaya mewujudkan masyarakat yang berakhlak, tangguh, cerdas, terampil dan mandiri serta upaya mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan dasar, yang kemudian diadakannya  pendidikan dimana hasil pendidikan dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan pembelajaran  dengan hasil program pendidikan  setelah melalui proses penilaian  dan evaluasi  yang mengacu kepada standar pendidikan nasional.

Dalam rangka pengembangan sistem dan alat pengujian  yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan sistem pengujian melaksanakan semacam standarisasi perangkat Tes Hasil belajar pada ulangan umum di tingkat wilayah.

Dengan dilaksanakannya ujian akhir semester selain untuk mengukur pencapaian hasil belajar sesuai dengan standar kemampuan lulusan, mengukur mutu pendidikan, dan diharapkan mempertanggungjawabkan program kepada masyarakat dan pemerintah.

Mengingat pentingnya penilaian yang menentukan keberhasilan suatu program belajar mengajar, maka dalam pelaksanaannya diperlukan organisasi yang baik dan terprogram.

  1. B.   Dasar/ Landasan Hukum
    1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
    2. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    3. Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
      1. Kurikulum SMP KAHURIPAN Lembang Tahun Pelajaran 2009/2010
      2. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2009/2010

  1. C.   Maksud dan tujuan

 

Dalam rangka pemerataan serta meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh, Ujian Akhir Semester  bermaksud untuk :

  1. Penentuan hasil belajar siswa
  2. Pertimbangan dalam kenaikan kelas
    1. Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran

Dan mempunyai tujuan

  1. Mengukur pencapaian hasil belajar siswa  sesuai dengan standar  kemampuan lulusan.
  2. Mengukur mutu pendidikan.
  3. Mempertanggungjawabkan program kepada masyarakat dan pemerintah.

  1. D.   Sistematika

 

Buku program Penyelenggaraan Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 yang menjadikan acuan dalam setiap langkah pelaksanaannya disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN, menuangkan tentang latar belakang, Dasar/Landasan Hukum, Maksud dan Tujuan serta Sistematika Penyusunan Program Ujian Nasional.
BAB II : PANDUAN UJIAN NASIOANAL, menuangkan tentang Peserta ujian, Penyelenggara Ujian, Bahan Ujian, Pelaksanaan Ujian, Pemeriksaan Hasil Ujian, Kelulusan dan Ijazah, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan, serta Jadwal Kegiatan UAS.
BAB III : PENGORGANISASIAN, menuangkan tentang Pengorganisasian Personil, dan Pengorganisasian Siswa.
BAB IV : PEMBIAYAAN, menuangkan tentang rencana sumber penerimaan dana dan perincian rencana pengeluarannya.
BAB V : PENUTUP, menuangkan tentang kesimpulan dari keseluruhan program dan saran-saran bagi pelaksanaan kegiatan pendidikan secara keseluruhan agar tercapai hasil pendidikan semaksimal mungkin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II PANDUAN UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

 

  1. A.   Peserta ujian
  2. Peserta Ujian Akhir Semester Genap  SMP Kahuripan adalah siswa SMP KAHURIPAN Lembang Kelas VII dan VIII.
  3. Peserta Ujian Akhir semester adalah  peserta yang sesuai dengan mekanisme pembelajaran Tahun Pelajaran 2009/2010.

  1. B.   Panitia Ujian
  2. Panitia Ujian

Panitia ujian Akhir Semester Genap tahun Pelajaran 2009/2010 adalah panitia yang diberi tugas sesuai dengan keputusan dari kepala sekolah SMP KAHURIPAN Lembang.

  1. Organisasi Panitia Ujian

Organisasi Penyelenggara Ujian SMP KAHURIPAN Lembang terdiri dari unsur  PKS, guru dan staf SMP KAHURIPAN.  Susunan (terlampir)

  1. C.   Bahan Ujian
  2. Mata Pelajaran Yang diujikan

Mata Pelajaran yang diujikan meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan sampai semesters genap,sesuai dengan kurikulum yang dilaksanakan di sekolah.

Mata Pelajaran yang diujikan terlampir. Mata Pelajaran diujikan dalam Ujian Akhir Semester (UAS), termasuk ujian praktik pada mata pelajaran Kesenian ,Penjaskes dan BTA. Jenis penilaian untuk masing-masing mata pelajaran dapat dilihat pada table berikut.

Daftar Mata Pelajaran UAS Genap

Tahun Pelajaran 2009/2010

No.

Mata Pelajaran

Ujian Akhir Semester

Ket

Praktik

Tertulis

1

Pendidikan Agama

-

V

2

Pend. Kewarganegaraan

-

V

3

Bahsa Indonesia

-

V

4

Matematika

-

V

5

Bahasa Inggris

-

V

6

IPA

-

V

7

IPS

-

V

8

Seni Budaya

V

-

9

Penjas Orkes

V

-

10

TIK

-

V

11

Bahasa dan Sastra Sunda

-

V

12

BTA

V

-

  1. Mata Pelajaran yang dinilai Pendidik

Pendidik menilia aspek afektif melalui pengamatan pada krlompok pelajaran :

  1. Agama dan Akhlak Mulia
  2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
  3. Estetika
  4. Jasmani, olahraga dan Kesehatan

  1. Penilaian Muatan Lokal

Penilaian Muatan Lokal melalui ujian praktik dan/atau tertulis, atau melalui penilaian akhir dengan mempertimbangkan hasil-hasil penilaian oleh pendidik sesuai karakteristik  mata pelajaran yang bersangkutan.

  1. Penyiapan Bahan Ujian Akhir Semester
    1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

SKL Tahun Pelajaran 2009/2010 sesuai dari pokok bahasan KTSP, SK dan KD pada KTSP, dan Standar Isi.

  1. Penyusunan Naskah Soal

Penyusunan naskah soal UAS dilakukan oleh MGMP Sekolah. Naskah soal setiap mata pelajaran dibuat dengan jumlah butir soal dan alokasi waktu sebagai berikut

Daftar Mata Pelajaran UAS Genap

Tahun Pelajaran 2009/2010

No.

Mata Pelajaran

Jumlah Butir

Alokasi Waktu

PG

Essay

1

Pendidikan Agama

40

5

80 Menit

2

Pend. Kewarganegaraan

40

5

80 Menit

3

Bahsa Indonesia

40

5

120 Menit

4

Matematika

40

5

120 Menit

5

Bahasa Inggris

40

5

120 Menit

6

IPA

40

5

120 Menit

7

IPS

40

5

80 Menit

8

Seni Budaya

40

5

80 Menit

9

Penjas Orkes

-

-

10

TIK

40

5

80 Menit

11

Bahasa dan Sastra Sunda

40

5

80 Menit

12

BTA

-

-

  1. Penggandaan dan Pendistribusian Bahan UAS

Penggandaan soal uas merupakan tanggung jawab Gugus

  1. Penyiapan Bahan Ujian Semester Genap

Penyusunan Spesifikasi Soal/Kisi-Kisi

Spesifikasi soal atau kisi-kisi Ujian Akhir Semester Genap disusun oleh masing-masing MGMP dan atau gugus sekolah sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah.

Spesifikasi soal ujian sekolah mengacu pada SKL mata pelajaran yang tertuang dalam permen No.23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan dan spesifikasi soal untuk mata pealajaran lain yang merupakan cirri khas sekolah, dirumuskan oleh sekolah.

  1. D.   Pelaksanaan Ujian
  2. Waktu Pelaksanaan Ujian
    1. Ujian Semester Genap

No

Pelaksanaan,Hari/Tanggal

Mata Pelajaran

Waktu

1

Senin

7 Juni 2010

Bahasa Indonesia

P. Agama Islam

07.30 – 09.00

09.30 – 11.00

2

Selasa

8 Juni 2010

IPA

P. Kewarganegaraan

07.30 – 09.30

10.00 – 11.30

3

Rabu

9 Juni 2010

Bahasa Inggris

TIK

07.30 – 09.30

10.00 – 11.30

4

Kamis

10 Juni 2010

IPS

Bahasa Sunda

07.30 – 09.00

09.30 – 11.00

5

Jum’at

11 Juni 2010

Matematika

Seni Budaya

07.30 – 09.30

10.00 – 11.00

 

  1. Ruang Pelaksanaan Ujian

Ruang Pelaksanaan Ujian (terlampir)

  1. Jadwal Pengawasan Ujian

Jadwal pengawasan Ujian (terlampir)

  1. Tata Tertib Peserta Ujian dan Pengawas Ujian

Tata Tertib Peserta Ujian (terlampir)

 

  1. E.    Pemeriksaan Hasil Ujian
  2. Pemeriksaan Hasil Ujian Akhir Semester Genap
    1. Pengumpulan Hasil UAS Genap

Pengumpulan hasil UAS Genap disesuikan dengan mekanisme yang tertera dalam juknis UAS Genap Tahun Pelajaran 2009/2010.

  1. Pengolahan Hasil UAS Genap

Pengolahan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran.

  1. Pemeriksaan  Hasil UJian Praktek
    1. Pemeriksaan dan Penilaian

Pemeriksaan dilakukan oleh tim guru dengan memperhatikan juknis UAS Genap.

  1. Daftar Nilai Ujian

Daftar nilai hasil ujian diterbitkan oleh sekolah penyelenggara

  1. F.    Kenaikan Kelas
  2. Kenaikan Kelas
    1. Siswa dinyatakan Naik Kelas jika, memenuhi Kriteria Kenaikan Kelas, yaitu memiliki nilai rapor semua aspek pada semua mata pelajaran samapai semester 2 kelas yang bersangkutan.
    2. Siswa dinyatakan Naik Kelas apabila telah mencapai ketuntasan belajarr dengan mencakup seluruh standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indicator pada masiung-masing mata pelajaran..
    3. Kriteria Kenaikan Kelas

Peserta didik dinyatakan  naik kelas  memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Berkelakuan baik sesuai dengan standar penilaian sekolah
  2. Prosentase kehadiran sekurang-kurangnya  75 % kecuali dengan alas an tertentu.
  3. Memiliki nilai rapor semua aspek pada semua mata pelajaran samapai semester 2 kelas yang bersangkutan.
  4. Telah mencapai ketuntasan belajarr dengan mencakup seluruh standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indicator pada masiung-masing mata pelajaran.

  1. Rapat Kenaikan Kelas

Penentuan kenaikan kelas peserta didik akan ditentukan melalui rapat kenaikan sekolah pada tanggal 23-24 Juni 2010.

  1. Pembagian Raport

Pembagian Raport akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2010

 

  1. G.   Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan
  2. Pemantauan dan Evaluasi

Pemantauan, evaluasi UAS dilakukan oleh Kabupaten, serta Sekolah sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

  1. Pelaporan

Laporan penyelenggara ujian memuat informasi tentang penyiapan bahan, pelaksanaan ujian, penetapan batas lulus ujian, pengawas ujian, pemeriksaan ujian, permasalahan dan upaya pemecahannya serta laporan hasil ujian yang mencakup nilai ujian setiap siswa dan rata-rata nilai tiap mata pelajaran.

  1. H.   Jadwal Kegiatan UN/US.

Jadwal Kegiatan

No.

Uraian Kegiatan

Waktu Mulai

Pen. Jawab

1.

Persiapan/Perencanaan

  1. Rapat Pembentukan Panitia
  2. Menyusun rincian tugas Operasional Panitia
  3. Penyampaian informasi kepada guru
  4. Menginventarisir data peserta, ruang dan pengawas
  5. Menyiapkan format administrasi pelaksanaan
  6. Menyusun rencana kegiatan Ujian Praktek
  7. Pembuatan Buku Program
  8. Pelaksanaan Ujian Praktek
  9. Persiapan Ruang Tes

10 Mei 2010

12 Mei 2010

13 Mei 2010

15 Mei 2010

17 Mei 2010

20 Mei 2010

21-23 Mei 2010

14-15 Juni 2010

3-5 Juni 2010

Kepala Sekolah

Ket/Sekretaris

Bid. Kurikulum

Bid. Kurikulum

Bid. Kurikulum

Sekretaris

Sekretaris

Anggota 1

Panitia/Staf TU

2.

Pelaksanaan

  1. Ujian Akhir Semester
  2. Ujian Praktek

7-12 Juni 2010

14-15 Juni 2010

Panitia

Panitia

3.

Pengolahan Nilai Ujian Praktek

  1. Pengolahan Nilai
  2. Rekap hasil Ujian Praktek

7-19 Juni 2010

21-23 Juni2010

Guru

Panitia

4.

Pemeriksaan Ujian Akhir Semester Genap

  1. Penyerahan Hasil Ujian kepada panitia
  2. Pemeriksaan Hasil Ujian
  3. Rekap Nilai Hasil Pemeriksaan
  4. Pengiriman Rekap Nilai Ke wali kelas

10-19 Juni 2010

7-19 Juni 2010

21-23 Juni 2010

23-24 Juni 2010

Panitia

Pemeriksa

Panitia

Panitia

5.

Nilai hasil Ujian

  1. Penyerahan Hasil Ujian
  2. Nilai Raport
  3. Rapat Kenaikan
  4. Pembagian Raport

7-19 Juni 2010

21-23Juni 2010

23-24 Juni 2010

25 Juni2010

Guru

Guru

Seluruhnya

Guru Kelas

6.

Pelaporan

Laporan Hasil kegiatan

30 Juni 2010

Kepala Sekolah

 

BAB III PENGORGANISASIAN

  1. A.   Pengorganisasian Personil

 

  1. 1.      Susunan  Panitia

Susunan kepanitiaan Penyelenggaraan Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 sebagai berikut :

No.

Nama Jabatan Dalam Kepanitian

1

Yudi Kustiana, S.Pd. Ketua

2

Topan Panji Sekretaris

3

Achmad Romli Bendahara

4

Dede Rukmana Anggota 1

5

Yayus Hidayatulloh, S.Pd. Anggota 2

6

Iin Surtiah, S.Pd. Anggota 3

7

Ahmad Saepuloh Anggota 4

  1. 2.      Organigram/Struktur Organisasi

Struktur Organisasi penyelenggara Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah sebagai berikut :

KETUA

Yudi Kustiana, S.Pd.

ANGGOTA :

  1. Dede Rukmana
  2. Yayus Hidayatulloh, S.Pd.
  3. Iin Surtiah, S.Pd.
  4. Ahmad Saepuloh, S.Pd.

BENDAHARA

Achmad Romli

SEKRETARIS

Topan Panji

  1. 3.      Rincian Tugas Operasional Panitia
  • KETUA

Yudi Kustiana,S.Pd.

Tugas :

  1. Mengadakan rapat dinas
  2. Mendelegasikan tugas kepada anggota Panitia yang ditunjuk
  3. Menyampaikan informasi terkait
  4. Monitoring dan supervise kegiatan
  5. Mempertanggung jawabkan seluruh kegiatan

 

  • SEKRETARIS

Topan Panji Pergola

Tugas :

  1. Menyiapkan berbagai format baku untuk pelaksanaan UAS
  2. Menyusun jadwal UAS
  3. Menyusun jadwal UAS
  4. Menyiapkan Naskah/ dokumen tes
  5. Pendataan peserta Ujian Akhir Semester dan Ujian Praktek
  6. Pendistribusian peserta kedalam ruang tes
  7. Pendistribusian pengawas kedalam ruang tes
  8. Mendata kehadiran peserta tes
  9. Mendata kehadiran pengawas
  10. Menindaklanjuti informasi dari ketua
  11. Menyiapakan bahan terkait untuk pelaporan
  12. Bertugas mewakili Ketua dalam memberikan kebijakan pada saat yang sangat mendesak/mendadak

  • BENDAHARA

Achmad Romli

Tugas :

  1. Menyiapkan format-format biaya program dan SPJ-nya
  2. Bersama-sama ketua dan sekretarisnya merencanakan anggaran biaya pelaksanaan
  3. Mengelola kerumahtanggaan /konsumsi pengawas dll.
  4. Serah terima naskah soal / lembar jawaban UAS
  5. Pelayanan Umum
  6. Koordinator Persiapan Konsumsi

  • ANGGOTA 1

Dede Rukmana

Tugas :

  1. Bertanggung jawab pada pembagian KPU oleh wali kelas
  2. Bertanggung jawab pada kegiatan serah terima soal dan lembar jawaban siswa (LJK)
  3. Mendata kehadiran peserta UAS dan Pengawas
  4. Koordinator pelaksanaan  UAS
  5. Koordinator pengolahan dan pengumpulan hasil UAS
  6. Koordinator persiapan, penempelan nomor bangku, denah tempat duduk dll.
  7. Bertanggung jawab persiapan pembuatan denah
  8. Pelayanan Umum.

  • ANGGOTA 2

Yayus Hidayatulloh, S.Pd.

Tugas :

  1. Memonitoring pembagian KPU oleh wali kelas
  2. Bertanggung jawab pada kegiatan serah terima naskah soal dan lembar jawaban siswa (LJK)
  3. Mendata kehadiran siswa dan pengawas
  4. Koordinator persiapan, penempelan nomor bangku, denah tempat duduk dll.
  5. Pelayanan Umum

  • ANGGOTA 3

Iin Surtiah, S.Pd.

Tugas :

  1. Mendata kehadiran peserta, pengawas, panitia UAS
  2. Membantu tugas umum sekretaris
  3. Sebagai mediataor antara penanggung jawab ataupun dengan ketua
  4. Pelayanan Umum

  • ANGGOTA 4

Ahmad Saepuloh

Tugas :

  1. Mempersiapkan ruangan
  2. Membuat denah, menempel nomor ruangan, nomor bangku peserta dan jadwal pengawas untuk ditempel di ruang Panra.
  3. Mengambil dan menyerahkan kembali soal serta LJK siswa ke Panra
  4. Pelayanan Umum
  5. Membantu tugas umum sekretaris
  6. 4.      Daftar Guru Yang Diberi Tugas Mengawas UAS

No.

Nama Guru

Ruang

Keterangan

1

Rasdiman Nandang, S.Pd.

Terlampir

2

Yaya Sutarya

Terlampir

3

Tatan Supriatna, S.Pd.

Terlampir

4

Iin Surtiah, S.Pd.

Terlampir

5

Sri Widjajati, S.S.

Terlampir

6

Mimi Karmini

Terlampir

7

Yudi Kustiana, S,Pd.

Terlampir

8

Sholehkun Kodir

Terlampir

9

Dede Siti Juariah, S.Pd.

Terlampir

10

Nining Yustiana, S.Pd.

Terlampir

11

Tatan Supriatna, S.Pd.

Terlampir

12

Yayus, S.Pd.

Terlampir

13

Dadang, S.Pd.

Terlampir

14

Sekarwita, S.Pd.

Terlampir

15

Dede Rukmana

Terlampir

16

Pupun, S.Pd.

Terlampir

17

Topan Panji Pergola

Terlampir

18

Doni Sihabbudin

Terlampir

  1. B.   Pengorganisasian Siswa
    1. Jumlah Peserta Ujian Akhir Semester Genap

Peserta Ujian Akhir Semester Gena Tahun Pelajaran 2009/2010 tediri dari siswa-siswi SMP KAHURIPAN.

Berdasarkan data keadaan siswa terakhir, maka jumlah peserta Ujian Akhir Semester Gena Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah sebagai berikut :

Untuk jumlah peserta Ujian Akhir Semester Genah sebanyak 277 orang diperlukan ruang ujian sebagai berikut :

No. Ruang

Nomor Peserta

Jumlah

01

08107001 – 08107020 & 08108001 – 08108020

40

02

08107021 – 08107040 & 08108021 – 08108040

40

03

08107041 – 08107060 & 08108041 – 08108060

40

04

08107061 – 08107080 & 08108061 – 08108080

40

05

08107081 – 08107100 & 08108081 – 08108100

40

06

08107101 – 08107120 & 08108101 – 08108120

40

07

08107121 – 08107130 & 08108121 – 08108147

37

Total

277

Yang dikuti oleh :

Kelas VII  berjumlah 130 Siswa

Kelas VIII berjumlah 147 Siswa

  1. Ruang Ujian

Untuk memenuhi sejumlah peserta sebagaimana tersebut di atas didistribusikan ke dalam 7 ruang ujian.

Ruang 01 dan 05

Pengawas

   7001    8001

7081    8081

7010    8010

7090     8090

7011    8011

7081    8081

7020    8020

7100    8100

7002    8002

7082    8082

7009     8009

7089    8089

7012     8012

7092     8092

7019    8019

7099    8099

7003     8003

7083     8083

7008     8008

7088     8088

7013     8013

7093    8093

7018     8018

7098     8098

7004      8004

7084      8084

     7007     8007

7087     8087

7014     8014

7094     8094

7017   8017

7097   8097

7005      8005

7085     8085

7006     8006

7086     8086

7015    8015

7095    8095

7016     8016

7096     8096

Ruang 02 dan 06

Pengawas

7021    8021

7101    8101

7030    8030

7110     8110

7031    8031

7111    8111

7040    8040

7120   8120

7022   8022

7102   8102

7029    8029

7109   8109

7032     8032

7112    8112

7039    8039

7119    8119

7023     8023

7103     8103

7028     8028

7108    8108

7033    8033

7113    8113

7038     8038

7118     8118

7024    8024

7104    8104

7027    8027

7107   8107

7034    8034

7114     8114

7037    8037

7117     8117

7025     8025

7105   8105

7026     8026

7106     8106

7035    8035

7115    8115

   7036    8036

     7126    8116

Ruang 03 dan 07

Pengawas

7041    8041

7121    8131

7050     8050

7130     8139

7051    8051

8121   8140

7060   8060

8130  8147

7042   8042

7122   8132

7049    8049

7129   8138

7052     8052

8122    8141

7059    8059

8129    8146

7043     8043

7123     8133

7048     8048

7128    8137

7053    8053

8123    8142

7058     8058

8128     8145

7044    8044

7124    8134

7047     8047

7127     8136

7054    8054

8124    8143

7057    8057

    8127    8144

7045     8045

7125    8135

7046    8046

7126

7055    8055

8125

   7056    8056

8126

Ruang 04

Pengawas

7061     8061

7070     8070

7071    8071

7080   8080

7062   8062

7069    8069

7072     8072

7079    8079

7063     8063

7068     8068

7073    8073

7078     8078

7064    8064

7067     8067

7074     8074

7077    8077

7065     8065

7066     8066

7075    8075

7076     8076

BAB IV PEMBIAYAAN

  1. I.      Penerimaan

Pembiayaan Kegiatan Ujian Nasional bersumber dari :

1. Dana BOS SMP KAHURIPAN Lembang

12.828.000,00

JUMLAH Rp.

12.828.000,00

  1. II.    Rencana Pengeluaran
    1. A.     PERSIAPAN
1. Pendataan Peserta Ujian Akhir Semester Rp.

150.000,00

2. Penyusunan Program Kerja Rp.

100.000,00

3. Persiapan UAS Rp.

150.000,00

  1. B.     SOSIALISASI UJIAN NASIONAL
1. Transport dan Konsumsi Rapat Sosialisasi Rp.

625.000,00

2. Transport Panitia Per. Penyusunan Program Rp.

350.000,00

  1. C.      PELAKSANAAN
1 Ujian Akhir Semester Genap

a. Alat Tulis Kantor Rp.

300.000,00

b. Pembelian Naskah Rp.

3.848.000,00

c. Jasa

1). Tranport Pengawas Rp.

1.600.000,00

2). Pemeriksaan Rp.

1.480.000,00

3). Pengolahan Hasil Ujian Nasional Rp.

1.000.000,00

4). Konsumsi Rp.

500.000,00

5). Transport Panitia Rp.

1.050.000,00

6). Transport Tata Usaha Rp.

200.000,00

7). Monitoring Rp.

300.000,00

8). Rapat Kenaikan Rp.

625.000,00

9). Penulisan Raport Rp.

450.000,00

10). Pelaporan dan Operasional Rp.

100.000,00

JUMLAH Rp.

12.828.000,00

  1. III.      REKAPITULASI

1. PENERIMAAN Rp.

12.828.000,00

2. PENGELUARAN Rp.

12.828.000,00

 

 

 

 

 

BAB V PENUTUP

  1. A.   Kesimpulan

Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 akan mencapai hasil maksimal apabila :

  1. Dalam pelaksanaannya mengacu aturan-aturan yang dikeluarkan secara vertikal dari pihak yang terkait, disertai bimbingan dan arahan Pengawas Pembina.
  2. Seluruh komponen edukatif dan administrasi dapat bekerja sama yang baik dan melaksanakan tugas dan fungasi masing-masing secara maksimal.
  3. Tersedia fasilitas dan dana yang memadai.
  4. Diberikan waktu yang cukup dalam mengantisifasi bagian demi bagian serta seluruh kegiatan

 

  1. B.   Saran-saran

Demi tercapainya hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapakan dengan ini kami memberikan saran-saran agar koordinasi dan pembinaan kepada seluruh komponen penyelenggara pendidikan lebih ditingkatkan lagi. Perlu adanya pembenahan yang lebih efisien dalam memberikan atau menyampaikan berita sehingga kami sebagai pelaksana dapat mengantisipikasi informasi yang yang lebih pasti danlebih akurat dalam melaksanakan setiap kegiatan agar tidak terjadi kesalahpahaman ataupun benturan yang tidak diinginkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran-lampiran

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s