Proposal Bantuan Renovasi Pembangunan Masjid

Kata Pengantar

Bismihi Ta’ala


Allahumma Shalli ala Muhammad wa Ali Muhammad

Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

 

Allah dan Rasul-Nya Muhammad Saw. memerintahkan umat Islam dimanapun mereka berada agar membangun masjid. Alangkah indah dan bahagianya umat Islam apabila memiliki sarana peribadatan yang memadai keberadaannya.

Kami, Panitia Pembangunan dan Renovasi Masjid Jamie Nurul Huda di bawah naungan Yayasan Nurul Huda Pojok Tengah bersama dengan Dewan Keluarga Masjid jamie Nurul Huda, Pojok Tengah Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, berkeinginan memiliki pusat kegiatan da’wah Islam yang memadai dan layak untuk melayani masyarakat Islam yang membutuhkannya.

Saat ini kami terus berupaya mengembangkan kegiatan pendidikan dan da’wah.. Rencana Pembangunan dan Renovasi masjid pertama kali  dilakukan sejak tahun 2010 dengan total anggaran Rp. 373.373.000,00. dan Selain rencana pembangunan masjdi saat ini akan dibangunlah sarana penunjang untuk kegiatan kesekretariatan dan ruang majlis. Alhamdulillah sampai saat ini telah terkumpul sekitar Rp. 80.000.000,00., ini berkat dukungan dan pertisipasi para Jama’ah yang budiman namun dari dana tersebut baru beberapa persen yang dapat dibangun. Hanya saja sampai saat ini pembangunan Masjid harus segera diselesaikan.

Dengan mengharapkan karunia dan Rahmat Allah Swt., serta bertawasul kepada Sang penutup Rasulullah Saww., beserta Ahlibaitnya as. kami mengetuk hati para dermawan muslimin untuk turut membantu meringankan beban pembiayaan pembangunan.
Semoga kemurahan hati para dermawan mendapat balasan dari Allah Swt. pahala yang berlipat ganda.

Amin yaa Robbal ‘Alamin.

Terimakasih. Jazakumullahu Khairon Katsiro.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Bandung,  Maret 2012 M/Rabiul Akhir 1433 H

Ketua Panitia,

 

Dede Priatna

 

 

 

Pendahuluan

 

       
   
 
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah, yang beriman kepada Allah dan hari akhir serta mendirikan shalat, mengeluarkan zakat dan tidak takut melainkan kepada Allah. Lantaran itu mudah-mudahan mereka menjadi orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. At-Taubah:18)

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamu adalah sebaik-baiknya umat yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Dan kamu beriman kepada Allah”. (QS. Al-Imran :110)

 

Masjid jamie Nurul Huda, terletak di Jalan Pojok Tengah  RT.06 RW.05 Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, kini sudah tidak memadai lagi untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini karena perkembangan penduduk serta lingkungan di sekitar Masjid jamie Nurul Huda menuntut adanya sarana dan prasana yang dapat menunjang peran dan fungsi masjid.

Bangunan masjid Nurul Falah sejak didirikan pada tahun 1987,  mulai direnovasi pada tahun 2010 dan sampai saat ini belum selesai pembangunan dan renovasinya. Oleh karena itu makin mantaplah niat dan tekad Panitia Pembangunan dan Renovasi Masjid dan Dewan Keluarga Masjid, Yayasan Nurul Huda serta masyarakat sekitar, untuk menyelesaikan pembangunan dan renovasi Masjid jamie Nurul Huda tersebut, dengan harapan masjid ini dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

 

 

Dasar Pemikiran

 

 
   

 

Pemantapan iman kepada Allah SWT dan peningkatan amal kepada masyarakat merupakan sasaran ibadah yang senantiasa harus terus ditumbuhkembangkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa suatu saat tertentu mungkin terjadi keimanan seseorang sampai derajat yang kritis, atau terkadang kehidupan beragama di kalangan umat islam mengalami kemunduran. Oleh karena itu umat islam harus senantiasa bersikap introspektif.

Dalam rangka pemikiran itu, upaya pembangunan sarana fisik ibadah berupa mesjid Allah, diharapkan dapat menjadi wahana guna mempersiapkan tampilnya insan-insan Allah yang tangguh dan dapat menciptakan suasana kehidupan beragama yang bergairah di kalangan umat Islam. Niscaya mengemuka keyakinan yang disertai hidayah Allah, bahwa dari masjid yang repesentatif yang mewadahi kegiatan keagamaan yang semarak, akan muncul pribadi-probadi shalih yang sanggup membawakan amanat ajaran-ajaran Nabi Allah, dan mampu mengantar umat Islam kepada  kesejahteraan jasmaniah serta kemakmuran rohaniah.

Bagi umat Islam, Masjid adalah pusat komunikasi yang syarat dengan kegiatan peribadatan dan sekaligus wahan fisik untuk menjalin komunikasi dengan Allah SWT. Oleh karena itu sebuah masjid dapat menindikasikan derajat keimanan dan kegairahan kehidupan beragama umat islam.

Berangkat dari dasar pemikiran di atas, maka sangatlah perlu untuk bersama-sama mendirikan, merenovasi, membangun/mengembangkan bangunan Masjid, serta memakmurkaannya dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang semarak. Dalam konteks ini, kegiatan pembangunan dan renovasi Masjid Jamie Nurul Huda yang beralamat di Kp. Pojok Tengah desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, seyogyanya memperoleh dukungan secara moril maupun materil. Hal initidak berarti bahwa donasi dan bantuan dari kalangan jamaahnya telah berhenti mengalir, namun kegiatan pembangunan dan renovasi Masjid Jamie Nurul Huda untuk mewadahi kegiatan keagamaan jamaah Islam yang terus bertambah dan berkembang, membutuhkan dukungan dan donasi yang lebih luas dan meningkat.

 

 

 

 

Permasalahan Pembangunan dan Renovasi Masjid

 

 
   

 

Beberapa permasalahan yang dihadapi dalam rangka pembangunan dan renovasi masjid jamie Nurul Huda adalah :

  1. Niat berjihad di Jalan Allah
  2. Bangunan sudah cukup tua
  3. Kondisi Bangunan sudah mengalami banyak kerusakan
  4. Daya tampung masjid sudah tidak memadai
  5. Mengembangkan syiar Islam

 

Tujuan

Amalan untuk pembangunan dan renovasi Masjid Jamie Nurul Huda, bertujuan untuk :

  1. Menyediakan sarana ibadah yang memadai, yang dapat mewadahi kegiatan dakwah Islami, baik untuk masa sekarang maupun perkembangannya di masa datang
  2. Meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab yang tumbuh makin kuat di kalangan jamaah masjid jamie Nurul Huda, terhadap kelangsungan kehidupan Masjid dan dinamika dakwah Islami, serta tetap dapat memperoleh hidayah Allah SWT.
  3. Semakin memantapkan iman kepada Allah dan meningkatkan amal kepada masyarakat sebagai perwujudan ibadah umat Islam yang penuh keikhlasan.

 

Data Teknis

  1. Lokasi

Kp. Pojok Tengah  RT 06 RW 05 

Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang

Kabupaten Bandung Barat

  1. Data Kondisi yang Ada

Masjid berada di atas tanah wakaf seluas 233 m2 bersertifikat dari BPN

Susunan Panitia

Terlampir

 

 

 

 

Sumber Dana

Sumber dana untuk pembiayaan pembangunan dan renovasi dan pembangunan Masjid Jamie Nurul Huda, diharapkan diperoleh :

  1. Kotak amal sodaqoh jariah dari jamaah Masjid jamie Nurul Huda
  2. Alokasi Dana DKM Masjid Jamie Nurul Huda
  3. Sumbangan dari  warga dan luar RW 05 Kp. Pojok Tengah Desa Cikahuripan
  4. Sumbangan dari Para Dermawan dan Donatur di kalangan Umat Islam

Anggaran Biaya (Terlampir)

Penutup

Dengan ucapan syukur Alhamdulillah, kami dapat menyampaikan amanat kepada segenap umat Islam, malalui proposal Masjid ini Tentu saja tidak akan banyak yang dapat kami perbuat dalam pembangunan dan renovasi Masjid Jamie Nurul Huda tanpa disertai oleh partipsipasi dan donasi para dermawan sekalian. Oleh sebab itu, kami Panitia Pembangunan Masjid Jamie Nurul Huda,  memohon kepada segenap umat Islam untuk bersama berjihad pada jalan Allah, melalui peran serta mewujudkan rencana pembangunan masjid ini.

Semoga apa yang telah menjadi niat kita bersama, dapat menjadi amal dan merupakan ibadah yang ikhlas kepada Allah SWT, serta dapat diterima oleh-Nya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran-Lampiran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Susunan Panitia

SUSUNAN PANITIA

PEMBANGUNAN DAN RENOVASI PEMBANGUNAN

MASJID JAMIE NURUL HUDA

 

                                          

 

Pelindung      

:

Sukmana ( Kepala Desa Cikahuripan)

 

:

Cucu Yusmana ( Ketua RW 05)

 

:

Ketua RT 01 s/d 06 Kp. Pojok Tengah

 

 

 

Panitia Pelaksana

 

 

Ketua

:

Dede Priatna

Sekretaris

:

Ir. Andi Supriyadi

Bendahara

:

Toto Liswanto

 

 

 

Seksi Dana dan Usaha

:

Mahnan Suherman

 

 

Ecep Wahyu

 

 

Didin saripudin

 

 

Asep Komarudin, S.H.

 

 

Nandang Rasdiman, S.Pd.

 

 

Iin Sumitra

 

 

Apep Komar

 

 

Deden Rutedi

 

 

Radi Muhtar, S.Pd.

 

 

Ana Juhana

 

 

Rukmaya

 

 

PKK dan Majlis Ta’lim

 

 

 

Seksi Publikasi dan Informasi

:

Karang Taruna RW 05

 

 

Remaja Masjid Nurul Huda

 

 

 

Seksi Pelaksana Lapangan

:

Adang

 

 

Lili

 

 

Iat Wiyatna

 

 

Juhana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran-Lampiran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s